TELAT ANTISIPASI !



Seberapa sering lo dapet kesempatan kedua?

Pertanyaan diatas mengawali tulisan gue kali ini, hmmm gue yakin lo semua pasti pernah mendapatkan kesempatan kedua, yang membedakan ialah sering atau tidaknya lo mendapatkan itu. Ada sepenggal kalimat lucu lucuan yang maknanya dalem, gini:

“kenapa penyesalan selalu datang belakangan?”
“Karena kalau duluan namanya pendaftaran”

Itu jawaban yang udah lama di dengar, dan saat ini ketika membaca kalimat itu gue seakan ter-enyuh. Disaat kalian menyesal, beberapa orang memikirkan ingin bertemu dengan doraemon, sudah pasti yang diincar ialah mesin waktu. Dimana lo bisa muter balikin waktu sebelum kejadian yang tidak lo inginkan terjadi.

Oke kita sudahi prolognya, akan gue ceritakan sepenggal kisah yang mungkin bisa menjadi bahan referensi lo ketika baru menjalani semester-semester awal kuliah.

   Gue adalah mahasiswi di kampus biru negeri yang ada di sekitar rumah gue. Seperti maba lainnya waktu pertama kali mendengar nama gue masuk ke dalam kampus yang lumayan favorit di daerah rumah gue hati gue pun seneng. Bukan main jurusan yang gue pilih rada bertolak belakang dari smk awal gue, but its my choise jadi suka suka gue lah mau ambil jurusan apa, toh yang bakal ngejalanin semuanya gue kok.

Semester 1 mata kuliah yang disajikan masih dalam bentuk paket, dan masih tergolong ringan walaupun sempet syok di beberapa matkul, tapi its not problem gue masih enjoy kok ngejalaninnya. Karena dulu gue suka ikut ikutan kumpul organisasi jadi di semester ini gue mulai cari cari organisasi yang sreg dengan gue. Banyak banget organisasi kampus tuh lebih lebih dari smk, mulai dari yang berbau politik, lingkungan, jurusan, eksternal, internal semuanya bermacam-macam sampe gua juga bingung mau masuk yang mana. Atas saran dari beberapa senior gue di satu almamater gue pun mengikuti organisasi internal kampus, rada berbeda dikit juga dari organisasi yang gue ikutin dulu. Semester ini gue baru tau info-info aja tentang organisasi yang akan gue ikutin tuh seperti apa.

Semester 2 bisa dibilang selama gue kuliah di semester inilah yang paling bikin gue down, hampir 9 sks gue dibuat syok karena jauhhhh jauhhhh jauhhhh berbeda dari apa yang pernah gue dapet di smk. Karena notabennya kelas gue adalah lulusan sma jadi banyak dosen yang dengan seenak jidat ngomong “ya materi ini pernah kalian pelajari kan di sma dan saya hanya mengulangnya sekilas untuk mengingat saja”. Akumah apa atuh anak smk yang gak pernah dapet materinya, gimana mau nginget ngnginget? Pernah nyentuh materinya juga kagak. Disini gue sempet nangis beberapa kali karena syok berat yang gue alamin, di tambah lagi tuntutan organisasi gue yang menggila, sangat sangat sangat menyita waktu gue. Di penghujung semester ini pula gue putus dari doi, hemmmm complicated banget ya smester 2 gue uncchhh. Dan bisa ditebah ip terendah gue berada di semester ini hmmmm.

Semester 3 disini gue mulai memperbaiki diri, sedikit sedikit mulai meninggalkan organisasi gue dan focus ke kuliah. Walaupun belum total ngelepasnya tapi jauh berkurang intensitas keaktifan gue dibandingkan dengan semester 2. Gue mencoba untuk lebih rajin sedikit. Kata kating (kakak tingkat) gue, semester 3 adalah semester terberat yang ada di jurusan gue. Karena apa? Ya karena semester ini merupakan semester panen praktikum alias praktikum terbanyak ada di semester ini. Dan seluruh hasil praktikum ditulis tangan heemmm. Kebanyang kan gimana tersitanya waktu gue di kuliahan apalagi di tambah kalau weekend masih jalan sana jalan sini. Tapi pas gue ngejalanin semester ini, gue kayak biasa aja gitu gak se ekstrem dan seserem yang kating kating gue dongengin. Mungkin efek semester 2 gue yang bener bener down kali ya. Di semester ini gue masih bucin banget blom bisa move on dari doi wkwkwk. Ip gue naik walaupun belum drastis, Alhamdulillah lah ya.

Semester 4 disini gue bener bener males yang namanya berorganisasi, seluruh kegiatan organisasi bener bener gue tinggalin. Entahlah gue lagi nyaman berada di zona kuliah – ngajar – pulang – nugas – tidur – kuliah – ngajar – pulang – nugas – tidur, gituuuu aja. Tapi dengan banyaknya waktu luang jadi setiap ada tugas gue jarang telat ngumpulin. Dan bisa di tebak semester ini ip gue hampir menyentuh target gue, hanya sedidkittt lagiii. Karena bagi gue ini bertanda baik yang berarti gue udah mulai stabil di bidang pendidikan akhirnya gue memberanikan diri untuk masuk lagi dalam orgnaisasi gue sebelumnya.

Semester 5 yang baru saja terlampaui, jujur gue kaget di semester ini gue down lagi. Bukannnn! Kali ini bukan karena guenya yang ngedown lagi tapi waktu gue untuk focus ke kuliah jadi down. Gak seintensif seperti di semester 3 ataupun 4. Semester yang bener bener hampir menyerupai semester 2 gue. Kenapa hampir? Karena tetep bagi gue semester terburuk gue ada di semester 2. Disini banyak banget gue dapet kasus kehiduan yang gak gue dapetin di kelas. Tapi karena kasus ini pun gue jadi harus berada diantara pilihan “tanggung jawab banyak orang atau tanggung jawab individu”. Pokoknya ceritanya panjang dahhhh yang pasti dengan adanya kasus ini waktu gue tersita full 2 minggu untuk menyelesaikannya, dan 6 minggu sisanya waktu gue memang gak dipake full tapi tenaga dan fikiran gue masih melayang pada kasus ini. Gak kuliah gak kerja semua jadi porak poranda jadwalnya akibat kasus ini. Seluruh tugas terbengkalai, gue bisa tidur dengan tenang aja udah Alhamdulillah. Tapi disini gue mulai dapet sandaran baru azeeekkk, masih tahap pdkt kalau ini mah hehehe. Dan bisa lo tebaik ip gue nyungsep lagi di semester ini mengalahkan 2 semester sebelumnya yang gue bangun dengan payah payah wkwkwk.

Semester 6 gue gak tau nih semester bakalan jadi apa, tapi sih gue berharap banget semester depan bisa ngambil full sks. Dan gue tersentak dengan statement “minimal semprof 143 sks”. Auto ngitung kekurangan sks gue ketika mendengar kalimat ini. Dannnnnnnn yang bis lo lo banyangin gue kurang 29 sks broooo!!! Ini diluar sks yang gue ambil di semester ini. Saat gue hitung menghitung ternyata semester 8 gue kena imbas cuyyyy. Sedih sumpah dahhhhh, gue kaget ternyata sks gue sangat berpengaruh terhdap waktu gue lulus. Dannn seperti yang kalian bisa simpulkan dengan perhitungan sederhana bahwa konsekuensi terpahitnya gue baru bisa semprop setelah semester 8, itu berarti target gue untuk lulus 4 tahun pupus sudah L.

Nahhhh jadi gitu guys beberapa hal yang ingin saya sampaikan, mungkin saja bisa kaluan ambil hikmahnya, mungkin diantara kalian pernah atau sedang mengalami problematika seperti diatas bisa sharing sama gue, siapa tau gue bisa lebih tenang setelah mendengarkan saran ataupun kisah kalian. See you semester depan. Bakalan gue lanjutin ketika gue udeh kelar menyelesaikan semester ini okeyyy.

Komentar