Cerita Absurd Trip Mt. Gede #2

Saat trekking awal cukup membuat gua engap-engap dan berjalan lamban, entah mengapa cariel yang gua bawa cukup berat sehingga mengambat pergerakan. Disuguhi pemandangan kebun-kebun milik warga, memang tak begitu banyak ragam tanamannya seperti sawi, bawang merah, tomat, cabai, serta kacang panjang. Rasanya ingin membeli sayur-sayuran yang masih seger itu wkwkwk. Menanjak sambil menikmati pemandangan perkebunan yang ada, eh tiba-tiba ada insiden air dari salah satu pipa kebun bocor. Akhirnya air meluber kemana-mana sehingga membasahi trek awal menuju plang pintu masuk Gunung Gede. Beberapa pendaki lain (wanita) sempat heboh melihat ada air yang membasahi jalur, sempet aneh sih sebenernya “kenapa cuman liat air lewat aja heboh? Ini bukan banjir bandang kali”. Tapi kalau ditelaah lebih dalam lagi ternyata keanehannya ada di diri gua, gua memang bukan orang yang bisa heboh bahagia saat menyukai sesuatu ataupun teriak marah-marah saat tak menyukai sesuatu, se flat itukah ekspresi gua?

Karena jalanan yang dilalui air tidak begitu luas, jadi kami masih bisa menggunakan jalur pinggir untuk tetap melanjutkan perjalanan. Beberapa pendaki lain lewat melangkahi gua, entah mengapa saat itu gua lamban bener jalannya (maindset gua saat itu karena cariel yang tidak nyaman di punggung”. Nah guys for your information, jadi gue beli cariel diacara discount besar-besaran alat outdoor di Jakarta. Niatnya sih gua mau beli yang bagusan tuh, yang harga diatas serebu tapi apa daya duit gua cumin bawa serebu maratus. Kalau gua paksa beli yang mahal berarti gua gak bisa beli peretelan pendakian yang lain. Akhirnya gua putuskan untuk membeli cariel yang harganya dibawah maratus. Saat itu gua gak paham cara milih cariel yang enak di punggung th seperti apa, maklum pendaki pemula yah begini dah. Gua beli dah tuh cariel yang menurut gua cakep modelnya dan pas kapasitasnya. Karena beli cariel yang lumayan murah jadi gue bisa beli macem-macem kayak celana lapangan dua, kompor, jaket, dan headlamp. Pendakian ke Gunung Gede kemarin merupakan testimony barang-barang baru gua (sombong amat yak, maapkeun). Eh gak disangka ternyata cariel yang gua pake gak cocok sama punggung gua, akhirnya setelah selesai pendakian gua suruh doi buat jual cariel  gua. Jadi pembelajarannya adalah, jangan takut ngeluarin kocek yang lumayan gede demi mendukung keamanan dan kenyamanan diri sendiri.

Sebelum mencapai plang slamat datang di pendakian Gunung Gede via Putri ada tempat yang namanya “tanah merah”, tempat ini cukup landai dan cocok untuk dijadikan tempat istirahat sejenak. Kami memutuskan untuk tidur di jalur pendakian tepatnya di tanah merah, mengingat kami belum idur sedari perjalanan awal dari rumah. Sebenernya sih enak gak enak untuk tidur dijalur soalnya banyak yang ngeliatin hehe, plus ini tidur yang direncanakan bukan tidur yang tiba tiba pelor jadi berasa banget risihnya. Tidur gua gak lama karena memang tak nyaman tidur disana, akhirnya gue memutuskan bangun sambil memberikan senyum kepada pendaki lain yang lewat di depan tempat rehat gua. Walaupun sebenernya gua nunggu temen gua yang naik, emang gua naik karena mau nyusulin dia. Gak lama ujug ujug temen gua dating dengan bahagianya bersama adek keponakannya yang ternyata ikut mendaki juga, dengan santainya dia bilang ini holiday. Yaiyalah kalau kalian liat dia bawa daypack kecil yang isinya cumin baju beda dibandingkan dengan gua bawa cariel yang isinya logistic selama pendakian.

Setelah temu kangen yang singkat itu, dia melanjutkan perjalanan sedangkan gua melanjutkan istirahat. Dirasa cukup istirahat 2 jam, kamipun melanjutkan perjalanan agar tidak terlalu malam tiba di surya kencana (oh iya disini gua udah tukeran cariel, cariel dia memang merk ternama tapi dengan beban logistik yang melebihi gua. Tetep aja bagi gua cariel dia tuh enteng, inilah fungsinya backsystem yang bagus). Setelah melewati pos satu jalanan masih belum dibilang terlalu terjal. Tek tok tek tok sampai juga akhirnya di pos 2, nah diperjalanan menuju pos 3 gua bertemu dengan “Asih” salah satu pendaki asal Lampung (dia satu-saunya cewek di rombongannya, 6 orang). Akhirnya gua temenin dia buat naik, kami sengaja jalan duluan meninggalkan yang lain. Pertama karena gua menghindari omelan senior wkwkwk (read: teman perjalanan gua, yak arena ngomel doang kerjanya jadi gua nyebut dia senior). Gak kerasa gua sama si Asih lumayan jauh juga inggalinnya, sampai di pos bayangan menuju pos 3 kita rehat sejenak sambil menunggu para lelaki dibelakang. Seberes istirahat dan sholat mereka juga belum kelihatan batang hidungnya dan gua khawatir sama Asih karena dia mulai kedinginan (efek diem kali ya).

Gua memutuskan untuk melanjutkan perjalanan, pelan saja agar teman kami yang dibelakang bisa nyusul. Saat mau mulai pendakian lagi dua teman Asih datang, dengan santainya gua nanya temen gua ada di belakang gak?. Mereka jawab doi masih ngeroko dibelakang. Usut punya usut ternyata nama temen gua dan cowoknya Asih (yang ikut pendakian) itu sama hahaha, pantas saja mereka bingung menjawab pertanyaan gua. Nunggu sejenak gak muncul-muncul tuh orang berdua,akhirnya untuk menghindari hipotermi maka perjalanan harus dilanjutkan saat itu juga. Gak lama setelah kita jalan eh ada pendaki lain yang kena hipotermi, untung saja ada tempat landai di samping jalur jadi dia ditanganin disana.

Awalnya gua cumin diem ngeliatin, pengen nolong tapi bingung apa yang ditolong soalnya udah banyak orang. Tapi gua pengen banget ikut bantu sekalian lah nunggu senior dateng. Gua cari celah buat bantuin dan akhirnya dapet, gua bantu untuk menyiapkan air panas karena orang yang nolongnya udah panic jadi memperlambat gerakan. Gua inisiatif keluarin matras yang ada diluar cariel gua, dan panik buat masak air. Karena masak air harus nunggu dulu jadi gua sambil ngeliatin penanganan pertolongan pertama yang diberikan ke korban, eh gua malah gregetan sendiri karena temennya yang ngasih oksigen kurang tepat. Gua yang tau harga tuh oksigen yang lumayan jadi rada greget karena 1 oksigen abis terbuang sia-sia karena penanganan yang kurang tepat. Akhirnya gua coba ambil alih untuk bantu memberikan oksigen ke korban. Alhamdulillah setelah tiga kali semprotan, nafas korban kembali normal hanya saja tubuhnya yang masih kedinginan.

Udah sepuluh menit menangani korban, suhu tubuhnya sudah lumayan cukup stabil tapi mentalnya masih goyah. Gua liat sekitar ternyata senior udah sampe dan lanjut ngebantuin gua nanganin korban. Jujur aja gua paling males banget sama orang yang memaksakan, sudah tau tubuh udah hampir nyerah tapi sok dikuat kuatin. Ujung-ujungnya ngerepotin orang kan, hmm. Terlebih lagi korban hipotermi yang satu ini mentalnya membutukan waktu lama untuk pulih. Dia selalu bilang gak kuat, nyerah, nangis pokoknya macem macem deh kalau orang lagi berada di titik downnya. Karena tenda sudah dibangun jadi penanganan dilanjutkan di dalam tenda. Ada beberapa anak SMA yang turut hadir melihat, tapi justru keberadaan mereka membuat suasana jadi mencair dan lebih hangat. Perlahan kesadaran dan semangat si korban sudah mulai pulih.

Melihat korban sudah cukup kuat akhirnya gua dan senior memutuskan undur diri untuk melanjutkan perjalanan namun sebelumnya kami ngisi tenaga dulu, inget prinsip “Logika gak bakal jalan tanpa adanya Logistik”. Kami makan ber empat sama asih dan cowoknya, dan melanjutka perjalanan berempat pula sampai surya kencana. Tek tok tek tok akhirnya kami tiba di pos 3, rehat sejenak untuk merenggangkan tubuh dan mengisi tenaga. Karena hari yang semakin sore akhirnya cowok si asih memutuskan jalan lebih dulu untuk menyusul teman-temannya yang tadi sudah duluan. Akhirnya perjalanan kami hanya ber 3, bersyukur karena keberadaan Asih ini gua jadi gak diomel-omelin sepanjang jalan sama senior hahaha.

Perjalanan dari pos 3 ke pos 4 ternyata lumayan curam tapi tak memadamkan semangat kami untuk tetap sampai di puncak. Di tengah perjalanan cowok si Asih kembali tanpa membawa apa-apa dan pas banget dia nawarin bantuan (mungkin rasa terima kasih karena sudah menjaga ceweknya selama perjalanan). Gua dengan ide cemerlang menerima dengan senang hati tawaran itu, gua serahkan lah cariel gua kedia dan diganti dengan daypack ringan yang sedari tadi dibawa Asih. Joss mantap bener perjalnan, enteng tanpa beban saat trek mulai curam.

Kami berempat tiba di pos 4 sekitaran maghrib, pokoknya udah gelap dah. Istirahat sejenak di warung kopi yang ada di pos 4. Setelah dirasa cukup, perjalanan tetap dilanjutkan padahal sedari tadi sudah banyak yang kena hipotermi (pendaki lain yang kami temui dijalur, tetapi sudah didirikan tenda), mau nolong kaya sebelumnya tapi fisik kami terlalu lelah dan korban pun dilihat aman jadi kami terus saja melanjutkan perjalanan. Di pertengahan jalan dari pos 4 menuju alun-alun surya kencana, cowoknya Asih sudah tak kuat melanjutkan perjalanan sambil membawa beban. Diputuskanlah dia naik duluan untuk meminta bantuan teman-temannya, sedangkan gua sama Asih disuruh jalan duluan biar bisa istirahat lebih cepat.

Sebenernya gua pengen bangetnyusulin senior buat bantu dia, tapi disisi lain gak mungkin gua suruh Asih buat jalan sendiri menuju surken yang gak tau kapan sampainya dan gak mungkinnjuga gua ngajak Asih buat turun lagi ngejemput senior. Jadi sesuai kesepakatan awal bahwa gua dan Asih jalan saja berdua menuju surken sampai ketemu tenda rombongannya. Tek tok tek tok sekitar jam 9 malam akhirnya diri ini tiba juga di surken. Hembusan angin yang dingin menerpa wajah, dan senyum bahagia menebus semua lelah perjalanan selama ini. Gak nyangka gua naek ke surken aja sampe 12 jam wkwkwk. Seharusnya sih 6-8 jam udah sampe tapi karena ada banyak kejadian selama perjalanan jadi memakan waktu sampai 12 jam, lagi pula perjalanan seperti ini lebih berarti dan lebih bermakna. Toh untuk apa cepat-cepat tapi tak mampu menikmati perjalanan, mungkin kalian sudah pernah dengar kata ini “Pendakian itu bukan hanya mengejar puncak tetapi menikmati perjalanan”.

Next akan gua lanjtkan cerita setelah surken…