Pertama: Curug Cikuluwung

Curug Cikuluwung, Bogor

Bagi gua liburan-kerja-kuliah itu haruslah seimbang. Biasanya sih  ada empat ditambah dengan organisasi, tapi entah kenapa untuk semester ini gua lagi kehilangan motivasi untuk berorganisasi. Terlepas dari itu semua seperti cerita-cerita gua sebelumnya masih tentang “Jelajah indonesia” hmz kayaknya terlalu luas ya hehehe lebih tepatnya sih jelajah pulau jawa, karena memang dari kemarin cerita perjalanan gua masih di sekitar pulau jawa.

Perjalanan kali ini bermain dengan air ya walupun tetap saja masuk hutan dulu hehehe. Kalau di hitung-hitung rutinitas gua di kota metropolitan ini baru berlangsung selama 2 minggu, baru  sebentar banget yakan? Tapi guua sudah mulai penat wkwkwk, bukan karena tugas yang menumpuk tapi karena gua bingung mengisi hari liburan dengan apa selain tumpukan tugas. Kalau mau dicari sebenernya kerjaan gua di organisasi tuh lagi numpuk-numpuknya tapi  seperti yang  udah gua bilang gua lagi gak bersemangat untuk mengikutinya.

Sembari ngerjain tugas gua liat liat youtube tentang video perjalanan pendakian orang-orang, eh gak sengaja kepencet video bung sehabis dari teka tambora kalau gak salah. Divideo itu dia menceritakan perjalananmya melihat pantai nan indah airnya serta cantiknya terumbu karang. Nahhh secara sadar 😂 gua tertarik buat main main dengan air , tapi gua gak mau kalau harus di kolam renang (terlalu sempit dan kurang pemandangan). Tapi kalaupun dipaksa kepantai untuk daerah gua sendiri jarang banget ada pantai yang sebersih itu mayoritas pantainya rada keruh dan ruame banget. Setelah mempertimbangkan terlintaslah fikiran untuk tetap main air, jadilah gua ke curug.

Seminggu sebelum keberangkatan, gua ngajak satu temen gua buat temenin gua berlibur. Namanya wan sudah panggil saja begitu, pertama kali kita ketemu saat pendakian ke gunung gede. Waktu itu gua lagi jalan untuk naik ke surya kencana via putri, nah gak sengaja di pertengahan jalur dari pos dua ke pos tiga gua ketemu sama temennya yang lagi mengalami hipotermia. Tadinya gua bingung mau nolong apa enggak, karena memang cukup banyak yang sudah ngerumunin. Mikir mikir mikir berhubung si senior (Baca kisah perjalanan gunung gede) belum sampe yaudahlah gua memutuskan untuk ikut membantu proses pertolongan pertama. Gua gak terlalu bahas detail bagaimana prosesnya karena nanti jadi outofthetopic😋. Nah si wan ini katanya yang meluk si korban dari belakang, dia yang menghangatkan tubuh korban dan gua yang bagian teriak-teriak nyemangati korban wkwkwk. Nah itu pertemuan pertama kami , setelah itu kami gak pernah ketemu lagi secara langsung hanya via media sosial. Kemarin setelah kejadian saat itu, kami menjadwalkan pertemuan kembali untuk sama-sama rehat sejenak dari  seluruh rutinitas yang ada di kota.

Si wan ini katanya punya temen banyak di daerah bogor, dan dia konsul deh curug mana yang bagus untuk di kunjungi.  Terpilihlah “Curug Cikuluwung” hmz namanya gak asing bagi gua karena dulu waktu gua masih pendidikan (baca cerita pendakian sulung) gua memang main di daerah lembahan cikuluwung. Walaupun tetap aja gua gak pernah tau kalau ada curugnya juga hehehe. Selama diperjalanan kita hanya ngobrol sedikit seolah tenggelam dalam fikiran masing-masing. Sebenernya sih gua gregetan karena diem-dieman, dengan begitu gua jadi harus nahan mual dan ngantuk gaes😂. Kita berdua sama-sama belum menemukan topik yang cocok untuk diperbincangkan.

Jalan mulai masuk wilayah desa yang berbelok belok, sempet nyasar karena salah maps jadi tuh ya di maps menunjukan ke arah salah satu rumah waraga dan itu bisa dibilang jalan buntu hmz, untung warganya baik jadi dia mengarahkan kemana seharusnya tujuan yang kami tuju. Setelah nyasar yang ke dua kalinya karena kelewatan gang, akhirnya kami tiba juga di parkiran curug cikuluwung. Seketika gua langsung dikerubutin bocah kecil akamsi curug cikuluwung mereka seakan sudah di doktrin jika ada pengunjung baru datang wajib berucap “Kak, kakak tau jalan ke curugnya gak? Aku anterin ya” karena gua tau ini pasti gak gratis jadi gua asal jawab aja “Udah tau kok” sambil menampilkan senyum dan memasang wajah yang bisa dipercaya. Terus gua maen jalan aja kan ya udah pokoknya sok tau aja dulu dah, nah pas udah sampe warung gua bingung harus kemana😂 karena memang gua pertama kalinya mengunjungi tempat itu. Akhirnya gua menyerah dengan bujukan mereka, ada satu anak perempuan kecil katanya sih kelas 3 sd (duhhh gua lupa nanya namanya siapa) seperti anak yang sebelumnya dia pasti melontarkan pertanyaan yang sama, tanpa gua jawab dia langsung berinisiatif mengantarkan gua menuju curugnya mungkin dia bisa baca wajah kebingungan gua hehehe. Sampailah kita dia depan pintu masuk curug cikuluwung, ternyata pintu masuk ini dibagi menjadi 2 yaitu “Curug cikuluwung 1” dan “Curug cikuluwung 2”. Sebenernya tempatnya mah sama aja, gak kayak gunung bunder yang setiap beda nama curugnya udah pasti beda tempatnya. Kalau kedua curug ini perbedaannya terletak di tinggi dan rendahnya curug. Kalau yang pertama itu kayak goa-goagitu tebing gitudah sungainya, nah kalau yang kedua itu lebih terbuka dan lebih luas bebas untuk berenang juga. Karena itulah untuk curug satu dibatesin waktu hanyak 1 jam kalau gak salah, nah kalau curug dua itu dibebaskan jam serta kapasitas pengunjung. Karena gua males di buru buruin dan emang niat pengen ngupi (soalnya udah bawa kompor) akhirnya gua memutuskan untuk mendatangi curug 2.

Perjalanannya udah di fasilitasin tangga bambu gitu lumayan lah, tapi rada engap juga pas naik karena jarak per anak tangganya lumayan agak tinggi. Sama seperti pendakian kalau ketemu orang baru ya main gua sapa-sapa aja terus akhirnya kita turun bareng ke curug dua, rada gak enak sih sebenernya soalnya gua dan si wan di bayarin sama dia untuk tiket masuknya. Tadinya mau ngeganti eh dia ternyata cuman sebentar di curug dua karena udah beli tiket ke curug satu.

Gua yang saat itu gak begitu tertarik untuk ke curug satu jadi ngedekem aja di curug dua. Niatnya sih pengen berenang tapi ada peraturan “Wajib menyewa pelampung karena kedalaman air sekitar 4 – 8 meter” karena peraturan inilah ditambah dengan lumayan banyak yang nyebur jadinya gua membatalkan untuk ikutt main air. Padahal gua udah sengaja bawa tas untuk baju ganti serta peralatan mandi gua wkwkwk. Yaudahdeh akhirnya dari jam 1 siang sampai jam 5 sore gua sama si wan masak air buat nyeduh kopi dan susu sembari nyemil wafer ditemani pemandangan curug cikuluwung.
Foto ini diambil setelah terkena tanaman Pulus
Tampang nahan sakit jadi dialihkan saja mukanya hehehe

Ada kenang-kenangan yang gua dapet dari curug ini selain foto. Jadi tangan gue tanpa sengaja menyentuh "Tanaman Pulus", kalau kalian searching di gugel tanaman ini mengandung "Asam Format" (yang biasa disebut asam semut) yang apabila terkena bagian yang sensitif seperti punggung tangan maka akan menimbulkan efek panas serta gatal seperti di serbu semut rangrang merah tapi bagi gua sih kayak ditusuk-tusuk jarum pentul panas. Gak lagi-lagi deh gua nyentuh tumbuhan yang gak dikenal. Pokoknya mah hindarin air biar si asam format nya gak menyebar kemana mana. Diliteratur disuruh gosok pakai tanah gembur (entah ini berhasil atau tidak) tapi pas pagi-paginya alhamdulillah udah sembuh.

Gak terasa waktu melesat begitu cepat hingga tiba dipukul 17.00, seharusnya curug dua tutup jam 17.30 tapi karena cuaca mendung dan rintik hujan mulai turun jadi semua wisatawan dihimbau untuk naik ke atas mengingat arus air akan deras jika hujan turun. Yaudahdeh gua sama wan naik ke atas, sesampainya di atas kami menuju warung ibunya si anak kecil yang setia menemani kami. Hujan seakan hadir untuk membekukan waktu, gua dan wan terjbak dalam satu warung dimeja yang sama dan ditemani dengan teh hangat serta mie rebus plus telor. Berlanjutlah orbrollan ringan kami sembari menunggu hujan reda.

Hujan reda persis ketika adzanmaghrib berkumandang, waktunya kami pulang meninggalkan liburan yang telah lalu, kembali ke rutinitas kota masing-masing. Jalanan tetap sama berkelok tapi tetap mulus ditambah hawa dingin akibat rintikan air dari langit. Karena gua gak mau nahan mual  dan pusing lagi jadi gua nyeletuk aja biiar kami gak saling diam selama perjalanan, jadilah obrolan kami berlanjut sampai ke rumah gua tepat jam 10 malam.