Memilih Untuk Menerima #1

Slamet Mountain, 3428 mdpl


Setelah sekian lama, gue kembali menulis dalam blog ini. Sebenernya dibilang sibuk si b aja ya. Cuman ya mager aja gitu kalau harus diketik, padahalmah ya ide udah berseliweran buanyak banget yang bisa dituangkan dalam cerita. Ada tokoh baru lagi yang bakal jadi tokoh utama dalam beberapa cerita bucin gue kali ini dan kedepannya.
                Namanya inisial panggil aja ay, ditulisan ini gue hanya ingin mengabadikan momen yang pernah terjadi antara gue dan dia. Harap maklum! Karena gue orangnya pelupa jadi menulis adalah salah satu cara mengabadikan ingatan. Sekitar bulan agustus tahun lalu gue sempatkan diri untuk menghadiri acara susur sungai yang diadakan organisasi gue. Bertepatan dengan hari kemerdekaan RI, gue gak sengaja ketemu dia di dalam rombongan. Awalnya gue bener-bener gak engeh ada kehadirannya, karena gue type orang yang kalau cuman liat sekali tuh gak apal muka apalagi namanya. Jangankan yang sekali yang sering diliat aja kadang masih belum hapal namanya siapa.
                Menurut versinya dia tertarik sama gue mulai saat itu, pada pandangan pertamalah dia ingin mencari tahu tentang gue. Ini bukan tentang cinta pada pandangan pertama ya, tetapi lebih seperti ketertarikan aja untuk kenal lebih jauh gimana  sih sosok nih orang. Setiap gue lagi ngelakuin apapun dia selalu ngeliatin tapi pas gue liatin balik eh malah panglingin muka (katanya sih gitu). Sehabis acara itu kelar dia langsung gerak cepat buat minta nomor gue ke senior gue. Disitu posisinya dia lagi deket sama cewek di kampungnya, tapi ya namanya juga niat buat nambah temen ya jadi dikasihlah nomor gue ke dia. Besoknya tanggal 18 dia chat gua untuk pertama kalinya, karena gue juga gak terlalu kenal jadi gue bales seadanya aja deh. Gue type orang yang kalau gak kenal secara langsung tuh males balesin chatnya, jadi kadang dia chat sekarang terus gue baru bales beberapa jam kemudian atau esok harinya. Apalagi orang baru yang gak bisa nyari topik obrolan udah deh makin makin gue tinggalin obrolannya, esmosi aja gitu bawaannya kalau di ajak chat sama orang tapi orangnya gak bisa cari topik obrolan.
                Sebulan berjalan biasa aja, gak terlalu banyak drama atau obrolan karena emang kita juga jarang ketemu dan gue juga sibuk dengan kehidupan pribadi gue. Orang yang bikin gue penasaran tentang dia sebenernya bukan dirinya sendiri tapi senior gue yang ngompor ngomporin, dan disitu gue posisinya lagi suka sama seseorang tapi tak tercapai dan pernah ngejar-ngejar sesorang dan akhirnya di kecewakan. Lagi berada di posisi yang males banget buat ngejalin hubungan pacaran tapi kepengen punya temen deket cowok yang bener bener deket. Karena gue suka menggalang aliansi untuk berkemah di bumi perkemahan ataupun gunung hutan jadilah gue ajak dia dalam rombongan gue buat kemah di salah satu bumi perkemahan di daerah yang sejuk. Disana kita ber tujuh dengan dua tenda yang misah. Karena posisinya gue belum terlalu kenal dia jadi ya gue biasa aja gitu memperlakukan dia. Gue lebih sering ngobrol dan bercanda sama kenalan gue disalah satu gunung yang pernah gue daki, sampe larut malam kira-kira pukul 4 pagi gue dan temen gue baru masuk ke tenda buat tidur. Tapi ya tetep aja jam tujuh gue udah bangun lagi karena mindset gue kalau udah di tempat wisata tuh “Lu ngapain disini cuman numpang tidur doing? Toh dirumah lebih nyenyak dan nyaman. Ke tempat wisata ya harus eksplore  bangun pagi-pagi biar gak ada satu momen pun yang boleh terlewatkan”
                Setelah dari perkemahan itu kita balik kerumah masing-masing. Dia cerita ke senior gue tentang gue yang terlalu deket sama temen gue, ya gue sih lucu aja dengernya sampe dilaporin kayak gitu kan gue jadi penasaran kayak apa sih ni bocah sampe se kepo itu tentang gue. Setelah dari situ dia tetep chat gue menanyakan banyak hal, karena gue orangnya suka cari-cari temen buat sekedar berbagi cerita tentang kehidupan sehari-hari gue jadi yaaa gue jadiin dia tempat cerita gue plus tempat gue berkeluh kesah. Sekitaran dua bulan setelah kemah kemarin gue dan temen-temen tongkrongan gue berencana melakukan pendakian ke salah satu gunung yang terkenal di deket rumah gue, dan gue ajaklah dia. Spik aja sih biar rame eh ternyata dia mau ikut dan seneng bisa diajak. Ya karena gue nganggepnya biasa-biasa aja gitu gak ada hal yang merugikan kalau gue ajak dia jadi ya iyain aja deh. Sekalian gue pengen tau gimana sih nih anak. Dia juga sempet jadi porter disalah satu gunung di kampungnya jadi gue gak begitu was was kalau ngajak dia naek gunung dehhh…
                Karena mendaki butuh persiapan jadilah gue sering chatingan sama dia membahas apa aja yang musti di persiapkan untuk pendakian nantinya. Pebdakian kali ini gue naek sama rangernya jadi ya gak perlu terlalu khawatir bakalan kenapa-napa disana wess pokok e aman deh ya. Selama proses pendakian dia bener-bener ngejagain gue banget, kalau gue capek dia setia nungguin gue istirahat, kalau gue mulai lama dan goyah jalanya dia mulai pegang tangan gue dan nuntun perlahan, dan lagi masak pun dia suka banget gratakin, sebenernya gue sih yang gratakin soalnya yang masakannya enak ya dia wkwkwk kalah jauh masakan gue kalau di bandinginnnya sama dia.
                Sepanjang jalur pendakian kita ngobrol ngalor ngidul, sampe gak berasa tiba-tiba udah sampe aja disini eh udah sampe aja disitu. Ternyata dia asyik juga buat diajak ngobrol langsung bercerita banyak hal, berbagi pengalaman ini itu. Pas sampe puncak gue sempatkanlah untuk foto bareng sama dia hanya berdua aja, karena gue tau pendakian dia kali ini juga selain mengobati rindu pada alam juga ingin lebih mendekat ke diri gue. Pokonya banyak foto yang di jepret berduaan disana, sayang sih saat menikmati cantiknya senja di lembah kasih eh terlewatkan untuk di abadikan momennya.
                Setelah turun dari pendakian gue dibonceng sama dia hingga kecamatan gue, disitu untuk pertama kalinya gue peluk dia. Pertama karena dingin, kedua biar gue gak jatoh karena posisinya gue lagi ngantuk. Saking ngantuknya sampe gue mau kejengkang beberapa kali ke belakang untung dia dengan sigap menyadarkan gue setiap kali gue udah ngantuk berat biar gak jatoh gitu. Karena kita baru sampe tujuan sekitar dini hari jadi dia nginep dulu deh di tempat temen gue baru esok subuh balik ketempat kerjaannya naik kereta.
                Setelah pendakian itu kita makin deket karena karena memang punya bahan obrolan buat di obrolin, terus juga gue sempet kena musibah di bulan november dan dia dengan sabar memberikan support buat gue, gak hanya support semangat tapi juga waktu dan materi. Wagelasehhh udah setahun detengah lebih gue gak dapet perlakuan kayak gitu. Akhirnya masalah gue mulai mereda di awal desember dan disitu gue bisa sedikit bernafas untuk uas. Obrolan kita semakin intens sering vcall sering telfonan dan gue sempet gak nyangka juga, ini bisa dibilang kali pertam ague vcall gak putus-putus sampe dua bulan bahkan hingga saat ini gue ketik tulisan ini. Karena gue bentrok program pkl satu bulan dari kampus jadi ya gue ingin bales dendam liburan gue di satu minggu terakhir sebelum masuk perkuliahan dan dia mengiyakan. Dia bilang bakalan siap jadi tour guide dan porter asal mau mendaki ke gunung yang ada di deket kampungnya. Karena gue belum pernah kesana jadi gue iyakan. Gue bawa duit ngepress press bukan kerena gue pelit tapi emang karena gue gak punya duit brooo.
                Pendakian kedua gue lancarrr dan makin deket sama dia, dikenalkan juga ke orang tuanya walaupun gak intens karena gue lebih banyak nginep di rumah temennya dibandingkan rumah dia. Mau pamit pun ibunya ternyata lagi kondangan jadi gak sempet ngobrol dan kenal lebih deket. Selama dikampungnya kita deket kayak orang pacaran yang kemana mana musti bareng, bercanda selayaknya orang pacaran, beda pokoknya dahhh ya mirip mirip orang pacaran giamna sih ya gitu dah yakan.  Walaupun ada beberapa konflik kecil disana, tentang gue yang dimusuhin sama mantan gebetannya and the genk wkwkwk. Karena gue gak merasa dirugikan atas permusuhan ini jadi gue gak ngambil pusing, toh gue deket sama dia juga statusnya di jomblo bukan milik orang lain. Disana dikenalin sama temen temen nongkrongnya dan ya seperti bisa ditebak mereka kira gue dan dia tuh pacaran karena sikap kita yang deket banget.
                Setelah pendakian kedua usai gue balik duluan ke kota gue karena satu dan lain hal yang berkaitan tentang administrasi kampus gue. Jadi kita lanjut di vcall, biasanya sih sampe jam satu atau gak jam dua malem baru kelar vcall. Setelah dia kembali ke tempat kerjanya sekitaran satu minggu setelah gue balik, kita jadi sering ketemuan dan gue main ke tempat kerjanya. Semakin lama deket semakin diri gue terpojok diatas dua pilihan “Mengejar orang yang kamu cinta atau menerima orang yang mencintaimu”. Gue pernah gagal berulang kali atas pilihan pertama hingga akhirnya gue milih pilihan kedua. Ternyata menerima orang yang mencintai kita tuh gak buruk-buruk amat, tinggal kitanya aja bisa menyesuaikan apa engga.
                Tapi ada kesalahan besar yang gue buat kedia, tentang gue yang dengan gamblang memperkenalkan dia ke dunia yang gak seharusnya gue bagi. Gue suka mendiskusikan hal apapun sama orang dan dia welcome. Memang diskusinya agak berkonten anak gede, mulai dari nonton film bareng hingga merembet kemana mana. Iya gue tau gue salah dalam memperkenalkan dia ke dunia kayak giru. Btw dia satu tahun di bawah gue, tapi ya gue masih bisa ngerem gituloh sekedar pengetahuan aja bukan malah jadi zat aditif. Tapi karena mungkin dia cowok jadi fikirannya lebih fantasi kemana mana gituuuu. Udah sekitaran delapan bulanan gue deket sama dia, dan di bulan ke delapan ini dia mulai berbeda, mulai aneh aneh otaknya. Gue sebagai cewek dan rasa bersalah yang menghantui karena pernah menuangkan setetes tinta hitam di otaknya yang putih cuman bisa jaga diri aja, jadi ngebentengin semoga aja dia bisa berubah gitu. Kalau salah satu bisa ngebentengin diri dengan tegas yang satu lagi pasti juga ngebentengin tapi bakal dihadapkan pada dua pilihan “Berubah atau ditinggalkan”.
Episode ini belum berakhir, bakalan ada part selanjutnya, semoga aja mood gue baik dan tangan gue tergerak untuk mengetik biar ceritanya gak diringkas kayak gini, biar lebih seru dalam mengenanghnya. Btw beberapa hari lalu gue abis mengenang tulisan-tulisan gue di blog ini juga tentang doi masalalu. Seru juga ternyata mengenang kisahnya yang telah lama hilang kek jelangkung abis gak ada kabar sama sekali gitu sih. Herman sama orang orang yang abis sutup langsung lost contact bener bener ilang bak ditelan bumi, udah lebaran dua kali masih blom map maapan, hampura euy aing the cuman pengen silaturahmi aja kanggggg.

Komentar