Pelarian #1




                Pada hari dimana aku lelah mengharapkanmu, pada hari dimana aku sadar keberadaanmu kini menjelma menjadi bunga indah namun berduri, yang melepaskan mu merupakan hal yang disayangkan namun menggenggam mu hanya menimbulkan rasa sakit yang tak berkesudahan. Dilema kini setia menemani langkah kaki, beriringan dengan mu kini terasa hampa, anatara ada dan tiada.
                Matahari mulai meninggi, list kegiatan hari ini kosong sekali. Jika ku biarkan terlena dalam kesendirian, mengingatmu adalah sebuah hal yang menyakitkan saat ini. Ku buka ponsel, teringat satu nama untuk ku ajak jalan.

F: Risss
R: Ape?
F: Sibuk gak lu hari ini?
R: Free
F: Jalan yuk
R: Ayukkk
F: Bandung skuyy
R: gila kali, pegel di perjalanan ege.
F: Hahaha kemana dong? Bete nih dirumah.
R: Curug bae hayuk
F: Bosen ah curug mulu, pantai hayukkk
R: Yukkk

                Pesan singkat yang mampu membawa sepasang raga nekad untuk melakukan perjalanan lintas kota/kabupaten selama 4 jam lamanya menggunakan motor. Aku yang menjadi tameng dia dari hantaman angin sepanjang jalan, tanpa gantian pulang pergi! Biarlah ku turuti apa saja yang dia mau, itung-itung balas budi karena dia dengan sukarela mau ku ajak berpetualang gila nan gembel ini. Mengendarai motor 8 jam bolak-balik ternyata memang sepegal itu ya, tanpa jaket kupacu laju motor ini dengan kecepatan tinggi, ya walaupun sebenarnya kecepatanya standar sih. Pegal yang kurasa tak sebanding dengan pegal yang ku emban ketika menunggu balasan chat darinya.

                Wajar gak sih? Dia online tapi balas chat biasa 5, 10, 15 menit bahkan sejam setelah kita chat. Tidak dalam satu hari bahkan berhari hari. Apakah ini yang dinamakan mundur perlahan. “Ada tipe orang yang memang sibuk 24 jam, sibuk menghindar”- om rauf.

                Perjalanan awal berangkat bener-bener berat karena gak tau trek dan udah pegel bener nih bokong, tapi hati terlalu sakit untuk berdiam diri apalagi ditemani dengan segala penantian yang bikin sesak. Tepat pukul 3 sore kami tiba di pantai anyer, ku kira ini sudah masuk wilayang pandeglang ternyata masih di serang. Asli sih gak nyangka bias sampai pantai jam segini, kirain bakalan menjelang malem gitu karena emang berangkatnya udah siang banget. Sesampainya dipantai kami tergoda dengan rayuan ombak, melipatkan celana agar tidak terlalu basah, dan berfoto sebentar untuk menuntaskan rasa pegal selama perjalanan. Karena sudah menyiapkan amunisi biar gak masuk angin, jadilah kita masak mie dipinggir pantai ala anak-anak gunung. Karena belum kesampean untuk masak di ketinggian ribuan mdpl, jadilah kita masak di 0 mdpl. Lumayan lama ternyata, wanti-wanti gas abis karena memang sisa sisa terakhir, eh malah gak mendidih tuh air di nesting.



Disela sela masak mie dan angetin soto, muncul lah pertanyaan-pertanyaan yang membuat sesak di dada muncul lagi ke permukaan.

R: Eh lu udah izin sama cowok lu kalau kita ke pantai?
F: Engga
R: Emang gak ditanyai lu lagi kemana gitu?
F: Engga
R: Kalau gua mah ditanyai sih, pergi sama siapa, kemana, pulang jam berapa. gitu
F: -diam-
R: Lu sama dia kalau lagi pergi masing-masing emang jarang izin ya?
F: gak tau
R: Berarti dia gak tau dong kalau lu lagi dipantai gini?
F: Engga
R: Emang dia lagi dimana dah?
F: Pulkam
R: Tapi lu gak ngabarin kalau lu lagi kesini?
F: engga
R: Gua mah kalau ora diizinin sama dia ya ora pegih
F: -diem-
R: Tapi ntar lu ditanya gak sama pacar lu?
F: Udah ah, gua mau nyebur aja
R: yehh si pea baju lu kan ditinggal rumah gua
F: oh iya yak, lu sih gua jadi gak bisa nyebur kan
R: yeeuuu gua mah emang gak kepengen nyebur makanya gak bawa baju ganti, lu aja tuh yang ikut ikutan gua.

                “Biarlah aku yang menjadi senja, terlihat indah walau sementara. Biarlah aku menjadi ombak, yang mampu menghapus segala rasa yang tercipta” -fnr.
                Setelah begah karena makan mie campur nasi dan campur soto Betawi, kami melanjutkan foto-foto hingga menjelang pukul setengah lima sore. Banyak pose foto yang jepret sana sini, sampai harus rela basah-basahan demi hasil foto yang memuaskan. Setelah kelar berfoto kami menepi untuk sejenak menuntaskan ke bman sepanjang di kota beberapa minggu lalu, yaitu minum air kelapa langsung dari kelapanya wkwwk. Setelah dirasa cukup ngebolang hari ini, tepat pukul 17.15 kami bertolak lagi ke tangsel, kali ini gerimis senang menemani perjanan kami. Seharusnya kami sampai rumah jam 9 malam tapi karena gak bisa ngebut efek jananan aspal yang licin tersiram air jadilah kami sampai rumah jam setengah sepuluh malam.



                Setibanya aku dirumah, langsung ganti baju, cuci muka dan cek hape. Disini bener-bener deh 8 jam motoran bikin sakit kepala ku kambuh. Pas banget doi ngechat, jujur saja aku sudah tak bertenaga untuk berdebat dengannya mala mini, yang ingin ku lakukan hanyalah tidur agar rasa sakit dikepala ini segera menghilang. Aku bersyukur tentang hari ini, tentang apa yang telah berani ku mulai, tentang apa yang telah terjadi. Memang ….
“Alam tak akan pernah menjadi obat ataupun sebagai alat untuk menyelesaikan masalah. Tapi alam mampu meredamkan ego yang sedang melanda, alam selalu punya cara untuk mengukir senyum ditengah tengah duka. Alam mampu memberikan energi positif ke dalam diri agar dapat menajdi lebih tenang dan kuat untuk menyelesaikan masalah” – fnr.

Komentar